Temui Direktur Angkutan Jalan, Bupati Bassam Kasuba Bicara Pengembangan Jangkauan Akses Moda Transportasi Darat

HEADLINE648 Dilihat

JAKARTA, RAKYATKINI.COM – Halmahera Selatan merupakan Kabupaten kepulauan yang saat ini sedang dalam proses pengembangan jangkauan akses moda transportasi perhubungan darat yang perlu dikembangkan sesuai harapan serta kebutuhan masyarakat.

Olehnya itu Pemkab Halsel melakukan pembahasan ekspansi guna memperluas jangkauan akses moda transportasi yang terhubung lansung dengan kawasan kawasan pusat pembangunan ekonomi selaras dengan penataan wajah kota. Hal itu disampaikan oleh Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Basam Kasuba saat menemui Direktur angkutan jalan kementerian perhubungan RI di Jakarta dalam ruang kerjanya, Jumat, (24/11/2023) pukul 10.00 WIB

Bupati Hasan Ali Basam Kasuba mengatakan, Pihaknya sangat berharap input konstruktif sebagai masukan yang bisa menjadi panduan dari Kementerian Perhubungan RI khususnya Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat guna mendorong pengembangan
akses moda transportasi yang berfokus pada perhubungan darat di wilayah Halmahera Selatan. Bupati Halmahera Selatan juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mengajukan proposal kapada pihak perusahaan yang saat ini sedang beroperasi di Halsel untuk membangun Halte di dibeberapa titik kawasan strategis serta melakukan kajian terkait formula perhitungan tarif yang rasional dan sesuai dengan trayek jangkauannya.

Menanggapi usulan Pemkab Halsel yang disampaikan oleh Bupati Hasan Ali Basam Kasuba, Direktur Angkutan jalan Kementrian Perhubungan RI, Suharto, ATD.,M.M mengatakan setelah ini pihaknya akan mendorong pihak swasta untuk menyiapkan hal-hal yang menjadi kebutuhan di Halsel. Menurut Direktur Angkutan jalan Kemenhub RI, ada beberapa kota di Indonesia yang telah dikembangkan oleh pihaknya salah satu contoh kota Palembang yang awalnya hanya satu rute akan tetapi saat ini telah menjadi tujuh rute.

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub RI juga memaparkan berbagai gambaran tekhnis terkait potensi dari berbagai lini yang terhubung dengan pengembangan perluasan jangkauan moda transportasi yang dapat mendorong peningkatan pendapatan daerah yg signifikan. Ditempat yang sama, Bupati Halmahera Selatan yang didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan menyampaikan bahwa segala kebutuhan data dukung sudah disiapkan yang dituangkan dalam proposal yang sudah di serahkan ke Kementerian Perhubungan serta pihak-pihak yang dapat mendukung kebutuhan yang berkaitan dengan akses transportasi darat seperti Halte.

Menurutnya di hari yang sama tindak lanjut pengajuan proposal langsung diserahkan ke Pihak perusahaan yakni PT. Harita Group yang diterima oleh President Commissioner PT. Tri megah Bangun Persada Tbk dan menyampaikan kesiapan untuk membangun halte sesuai kebutuhan.

“ Saat ini rencana moda transpartasi yang akan dibagun oleh Pemda Kabupaten Halmahera Selatan kedepan sesuai hasil diskusi Bupati Halamhera Selatan dengan Direktur Angkutan Jalan Kemenhub RI adalah mengelola transportasi by sistem dalam hal ini pihak Kemenhub RI menyediakan alat transportasi /bus angkut serta membantu mendatangkan tenaga ahli dibidangnya untuk membantu Pemda menata manajemen transportasi di Kabupaten Halmahera Selatan,” katanya.

Untuk Pemda hanya menyediakan operasionalnya dalam hal sopir, BBM, Gaji sopir dll, di lain sisi Pemda juga berkolaborasi dgn Perusahaan dan BUMN lainnya yg broperasi di Kabupaten Halsel dalam pembangunan Halte Bus di berapa titik berkumpulny masyarakat, Mahasiswa dan Anak sekolah seperti Pasar, terminal, pelabuhan, kampus sekolah. Pemda juga sudah melakukan pembicaraan dengn Petinggi Harita Group di Jakarta terkait pembangunan Halte Bus yg dibiayai lewat Program CSR dan Pihak Harita Group sangat merespon dengan baik terkait rencana tersebut. Harapannya dengan memohon dukungan masyarakat semoga rencana Bapak Bupati dalam pengembangan moda transportasi darat segera terwujud, ungkap Ramly Manuy. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *