Upacara Detik Proklamasi HUT RI Ke-78 di Halmahera Selatan Berlangsung Khidmat

HEADLINE498 Dilihat
HALSEL, RAKYATKINI.COM – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menggelar upacara detik-detik Proklamasi dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 di lapangan Asombang Labuha Bacan, Kamis (17/8/2023) 
Adapun inspektur upacara dipimpin langsung oleh Bupati Halsel Usman Sidik,  Turut hadir Wakil Bupati Halsel Basam Kasuba,  Sekda Halsel Safiun, Ketua DPRD Halsel Muhlis Jafar, Forkompimda, Anggota DPRD Halsel, Kepala OPD Kabupaten Halsel, Kepala Instansi Vertikal, Perbankan Halsel, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, TNI dan Polri, seluruh ASN dan tenaga kontrak dilingkungan Pemkab Halsel serta siswa-siswi sekolah di Kota Labuha.
Upacara detik-detik proklamasi berlangsung mulai pukul 09.57 WIB ditandai dengan bunyi sirine mobil selama 1 menit. Upacara yang berjalan khidmat itu kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Halsel Muhlis Jafar. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Bupati Halsel Usman Sidik, selaku inspektur upacara, serta pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kemenag Halsel Lasengka Ladadu.
Prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari perwakilan siswa – siswi yang terpilih berasal dari SMA/SMK/ MAN Kabupaten Halsel.
Dengan pengawalan komandan pasukan Paskibraka, Letda Inf Bambang Swarjana, pasukan tampak berbaris rapi  memasuki lapangan bersama Alfisyarhar Febrina Kodja  pembawa baki didampingi tiga siswa pengibar bendera yakni Sahril Usman Moloku,  Ajie Kurniawan Budiharto dan Patra M Rustam. Langkah tegap dan pandangan lurus menatap Bupati, siswi SMA Halsel tersebut berjalan tanpa ragu-ragu. Langkah kaki Febrina perlahan menaiki anak tangga untuk mengambil Sang Saka Merah Putih.
Upacara pengibaran bendera merah putih yang dipimpin Komandan Upacara, Lettu Inf Risky  Ricen Usman (PasiOps Kodim1509/Labuha) berjalan sukses dengan iringan lagu Indonesia Raya yang dibawakan siswa-siswi dari SMK Labuha membawa suasana upacara HUT RI kian semarak. Usai digelarnya upacara detik-detik proklamasi tersebut dilanjutkan tabur bunga di Panamboang Halsel. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *