Upaya Pencegahan Bawaslu Halmahera Selatan Diapresiasi Bupati Usman

HEADLINE498 Dilihat
BACAN, Rakyatkini.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Selatan, intens melakukan upaya pencegahan terhadap Netralitas ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, pada pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang.
Hal ini mendapat respon positif dari Bupati Halmahera Selatan Hi. Usman Sidik, setelah Bawaslu melakukan pertemuan dengan Bupati Halmahera Selatan pada hari Selasa (5/7/2022).
Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua dan Anggota Bawaslu, Asman Jamel dan Kahar Yasim serta Koordinator Sekretariat Kamil Muis Bersama Bupati Halsel Usman Sidik, Dalam pertemuan Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik mengapresiasi langkah Bawaslu dalam melakukan upaya pencegahan terhadap Netralitas ASN dalam politik praktis.
Bupati mengapresiasi Langkah Bawaslu Halsel yang sudah menyampaikan Himbauan netralitas ASN kepada seluruh perangkat Daerah.
Selain itu Bupati menegaskan ASN tidak boleh berstatus di sosial media secara terbuka yang mengarah pada dukungan yang berkaitan dengan politik. Sebagai pelayan publik perlu menjaga netralitas, dan akan menindak tegas ASN yang kedapatan terlibat dalam politik praktis. dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024.
Selain itu, anggota Bawaslu Halsel Kahar Yasim mengatakan terkait netralitas ASN, Kabupaten Halmahera Selatan ditemukan banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh ASN Halsel.
Berdasarkan rilis Bawaslu RI tentang Pelanggaran Netralitas ASN, Kabupaten Halmahera Selatan masuk 10 besar instansi yang melakukan pelanggaran netralitas ASN dan menduduki peringkat ke 7 seluruh Indonesia tren pelanggaran netralitas ASN tertinggi. “selama pelaksanaan Pilkada Tahun 2018, Pemilu Tahun 2019 dan Pilkada Halsel Tahun 2020. Banyaknya ASN yang melakukan pelanggaran yang ditindak oleh Bawaslu Halsel”, ungkap Kahar.
Kahar menambahkan, “untuk itu lewat Himbauan yang telah dilayangkan kepada Organisasi Perangkat Daerah, maka diharapkan kepada ASN agar tetap menjaga netralitasnya dalam pelaksanaan pemilu serentak Tahun 2024”, harapnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *