Kembali Terpilih Masuk KEN, Festival Teluk Jailolo 2024 Siap Digelar

HEADLINE1014 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com – Event Festival Teluk Jailolo (FTJ) kembali akan digelar pada tanggal 31 Juli 2024 sampai 3 Agustus 2024 mendatang.

FTJ sempat tertunda karena Kabupaten Halmahera Barat mengalami musibah bencana alam, erupsi gunung Ibu di Kecamatan Tabaru beberapa waktu lalu.

Pergelaran event FTJ ini akan kembali dilaksanakan Pemda Halmahera Barat melalui rapat yang dipimpin oleh Wakil Bupati, Djufri Muhamad di ruang rapat Sekretaris Daerah Halmahera Barat dan dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli dan Pimpinan Perangkat Daerah pada, Senin (16/7/2024) kemarin.

Feni Kiat, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Halmahera Barat, kepada media, Jumat (19/7/2024) melalui rilisnya mengatakan, Event tahunan promosi pariwisata Pemda Halmahera Barat yaitu, Festival Teluk Jailolo 2024 kembali terpilih masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) oleh Kemenparekraf RI.

Event ini akan digelar mulai tanggal 31 Juli sampai 3 Agustus 2024 dengan mengusung tema ‘Culture For Future, Sustainable and Investment’

“Jadi tema tersebut memiliki makna bahwa budaya merupakan investasi masa depan yang terus berkelanjutan dalam pengembangan dan pelestariannya,” Ungkapnya.

Adapun list event yang akan dilaksanakan dalam gelaran FTJ 2024 ini antara lain, main Event (Ritual Sigofi Ngolo, Orom Sasadu, Parade Budaya dan Sasadu on the Sea). Sedangkan untuk supporting event/event pendukung diantaranya Ekspedisi Tanah Tabaru, FTJ Idol, Lomba Tari Kreasi Berbasis Budaya, Lomba Dayung, Ekraf Goes to School, FTJ Expo, Lomba Lewang Kalapa, Lomba B2SA, Gerakan Cegah Stunting dan Hiburan Rakyat.

“Untuk Lomba FTJ Idol terbuka untuk seluruh masyarakat Maluku Utara. Selain itu lomba Tari Kreasi Berbasis Budaya juga dapat diikuti warga di luar Halmahera Barat,” Katanya.

Feni menjelaskan, puncak acara FTJ pada tanggal 2 Agustus itu akan menghadirkan persembahan spektakuler Sasadu On the Sea dan hiburan rakyat malam atau hiburan amal untuk Erupsi Gunung Ibu bertajuk “Suara Untuk Mereka” oleh Band Ibukota TIPE-X.

“Sedangkan Hiburan Rakyat di tanggal 3 Agustus 2024 bertajuk “Lokal Bersuara” akan menampilkan deretan artis lokal Alan Darmawan, Angga Dermawan ft Ozi, Julkarnain Ismail, Nursia LIDA dan Arisko G-Rap ft Shabu-Gr,” Jelas Feni.

Feni juga menambahkan, FTJ diselenggarakan sebagai bentuk komitmen bukan hanya ajang promosi pariwisata dan budaya akan tetapi event ini dapat menjadi pemantik perputaran ekonomi warga, karena angka kunjungan beriringan lancar terintegrasi dengan penyediaan moda transportasi dari luar Halmahera Barat.

“FTJ juga telah menjadi event unggulan daerah Maluku Utara yang selalu dinantikan. Untuk itu Marilah sama-sama kita sukseskan penyelenggaran FTJ 2024 event kebanggaan kita bersama,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *