Demi Pengembangan SDM, Bupati Bassam Kembali Lakukan Kerjasama dengan IAIN Ternate

HEADLINE108 Dilihat
HALSEL, RAKYATKINI.COM – Untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba kembali menjalin kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, kali ini adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate. 
Senin, 5 Agustus, bupati Bassam Kasuba menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Rektor IAIN Ternate, Prof. Dr. Rajiman Ismail, M.Pd, dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Pemerintah Daerah Halmahera Selatan.
Dalam pernyataannya, Bassam menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaannya atas kunjungan Rektor IAIN Ternate bersama jajarannya. “Alhamdulillah, sangat berbahagia sekali pagi ini, Rektor IAIN Ternate beserta jajarannya bisa berkesempatan mengunjungi Pemda Halmahera Selatan. Pemerintah daerah sangat konsen dan memiliki keinginan besar untuk terus mengembangkan sumber daya manusia di wilayah ini,” ujarnya.
Bupati Halsel menekankan pentingnya kerja sama sektoral antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi yang ada di Maluku Utara. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Halmahera Selatan. “Kami gencar melakukan kerja sama-kerja sama sektoral antara pemerintah daerah dengan perguruan-perguruan tinggi di Maluku Utara untuk pengembangan SDM di Kabupaten Halmahera Selatan,” tambahnya.
Selain itu, Bassam juga menyoroti bahwa sebagian besar mahasiswa di perguruan tinggi di Maluku Utara berasal dari Halmahera Selatan. Oleh karena itu, sinergi antara pemerintah daerah dan institusi pendidikan menjadi semakin penting. “Mahasiswa yang tersebar di perguruan tinggi di Maluku Utara hampir semuanya berasal dari Halsel, dan ada beberapa program di daerah yang membutuhkan sinergitas dengan perguruan tinggi,” katanya.
Ia juga menyampaikan rasa terima kasih dan kebahagiaan atas kunjungan Rektor dan jajaran IAIN Ternate. “Kami sangat berterima kasih sekali dan berbahagia sekali atas kehadiran Rektor dan jajarannya di sini. Semoga kerja sama yang kita jalin ini memberikan dampak positif, sehingga ke depan kita dapat lebih sering berkolaborasi dalam optimalisasi pembangunan daerah,” ungkapnya.
Sementara itu, Rektor IAIN Ternate, Prof. Dr. Radjiman Ismail, M.Pd, menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen pemerintah daerah dalam pengembangan SDM, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah tersebut. “Ini adalah komitmen yang luar biasa terkait pengembangan sumber daya manusia, terutama bagi ASN pemerintah daerah maupun pengembangan ASN secara keseluruhan,” ujarnya.
Rajiman Ismail juga menyoroti tantangan yang dihadapi dunia pendidikan di Halmahera Selatan, terutama terkait dengan penurunan partisipasi pendidikan. Menurutnya, salah satu faktor penyebab adalah masuknya beberapa perusahaan besar yang mempengaruhi angka partisipasi pendidikan di wilayah tersebut. “Belakangan ini kita mengalami penurunan partisipasi pendidikan karena masuknya beberapa perusahaan besar, yang sangat mempengaruhi angka partisipasi pendidikan kita,” jelasnya.
Untuk mengatasi masalah ini, IAIN Ternate merancang program perkuliahan yang fleksibel bagi ASN, termasuk dengan menggabungkan perkuliahan daring dan tatap muka. “Kami merancang program kuliah online beberapa kali dan tatap muka beberapa kali sehingga tugas ASN tidak terganggu. Kami membuat jadwal kuliah pada hari Sabtu dan Minggu, mengingat transportasi di Halsel yang cukup menantang. Kami kira akses pendidikan harus tetap terbuka luas,” tambahnya.
Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dan IAIN Ternate ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas SDM di wilayah tersebut. Selain itu, kolaborasi ini juga diharapkan dapat menciptakan sinergi yang lebih kuat antara pemerintah daerah dan institusi pendidikan dalam rangka memajukan pendidikan dan pembangunan di Halmahera Selatan. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *