Maksimalkan Pengawasan Pilkada 2024, Bawaslu Halsel Bentuk Tiga Pokja Khusus

HEADLINE38 Dilihat
HALSEL, RAKYATKINI.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Selatan terus memaksimalkan pengawasan Pilkada 2024, tiga Pokja dibentuk untuk membantu tugas tugas Bawaslu mengawal Pilkada Halsel berjalan aman dan tertib.
Tiga Pokja yang dibentuk oleh Bawaslu Halmahera Selatan diantaranya Pokja Pengawasan Isu Negara, Pokja Pengawasan Netralitas ASN/TNI/Polri dan Pokja Pengawasan Kampanye Dan Alat Peraga Kampanye (APK).
Anggota Bawaslu Halsel William Kurama mengatakan tujuan pembentukan ketiga Pokja ini diantaranya Pokja Pengawasan Isu Negara tujuan pembentukannya adalah mencegah dan Mengendalikan terhadap isu-isu negatif yang dapat mempengaruhi integritas dan transparansi proses pemilihan. Isu-isu negatif dapat mencakup pelanggaran seperti mony poltic, kampanye hitam, penyebaran berita palsu (hoax), intimidasi, dan praktek-praktek curang lainnya.
Pokja Pengawasan Netralitas ASN/TNI/Polri tujuan pembentukannya adalah Antisipasi pencegahan potensi pelanggaran dan memastikan netralitas serta tidak terlibatnya ASN/TNI/POLRI dalam aktivitas politik selama periode pemilihan atau kegiatan politik tertentu dan Pokja Pengawasan Kampanye Dan Alat Peraga Kampanye (APK) tujuan pembentukan yakni Untuk fasilitasi dan koordinasi pencegahan dan pen ndakan pelanggaran kampanye dan pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye (APK), papar Wiliam Kurama Anggota Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan kepada wartawan usai kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) di kantor Bawaslu Halsel, kamis (17/10).
Sementara itu, anggota Bawaslu Halsel Hijrah Hi Ibrahim juga menambahkan, dibentuknya ketiga Pokja tersebut guna membantu dan mempermudah kerja Bawaslu, kalau ada informasi isu negatif dapat disampaikan ke Bawaslu sehingga dapat dijadikan sebagai informasi awal untuk dilakukan tidak pidana pemilu  “Memang jajaran Bawaslu ditingkatkan dibawa juga ada tapi sangat dibutuhkan peran penting dari Pokja yang dibentuk ini,” pungkasnya.
Rapat Koordinasi ketiga Pokja bentukan Bawaslu Halsel ini dipimpin oleh sekretaris Bawaslu Halsel Kamil Muis dan anggota Bawaslu Halsel Hijrah Hi Kamuning dan William Kurama, dihadiri oleh Pemkab Halsel dari dinas Perhubungan, Kesbangpol, Polres Halsel, Kejari Halsel dan Kodim Labuha. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *