Peduli Dampak Covid-19, STP Labuha Bagi Sembako

0

LABUHA, Rakyatkini.com- Penyebaran wabah pandemi Covid-19 yang terus meluas memberikan dampak luar bisa bagi masyarakat, bukan hanya dari aspek kesehatan, namun juga berimbas terhadap aspek sosial dan ekonomi masyarakat. Melihat kondisi ini, Sekolah Tinggi Pertanian (STP) Labuha bekerja sama dengan Lembaga Manajemen Infaq (LMI) dan KitaBisa.com kembali menggelar aksi sosial pembagian sembako kaum dhuafa yang terdampak Covid-19 di Labuha dan sekitarnya pada hari minggu ( 12/4).

Ketua STP Labuha, Yudhi Eka Prasetia ketika dikonfirmasi menuturkan bahwa kegiatan sosial pembagian sembako ini merupakan kelanjutan dari aksi penyemprotan disinfektan yang lalu sebagai wujud komitmen kontribusi STP Labuha untuk bersama melawan Covid-19. “Kita tahu bahwa dampak wabah Covid-19 ini bukan hanya menyentuh aspek kesehatan saja, namun juga memukul berbagai sendi kehidupan masyarakat. Imbas dari kebijakan social distancing dan work from home benar- benar sangat memukul sisi sosial dan ekonomi masyarakat seperti pendapatan para pelaku usaha jatuh, terutama UMKM , tingkat daya beli masyarakat menurun dan aktivitas sosial masyarakat menjadi terbatasi.

Jadi untuk memerangi wabah Covid-19 ini harus komprehensif, bukan hanya pendekatan dari sisi pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebarannya saja, tapi juga harus diperhatikan solusi terhadap masalah-masalah sosial dan ekonomi masyarakat,” terang Yudhi.

Terkait dengan sasaran kegiatan sosial pembagian sembako ini, Yudhi menuturkan bahwa untuk tahap awal ini sasarannya beragam dari berbagai profesi mulai dari mahasiswa tidak mampu, tenaga honorer, tukang ojek, yatim dan janda.

“Pada tahap awal ini kami menyalurkan 20 paket sembako yang terdiri dari 5 kg beras, 1L minyak goreng, 2 kg gula, 1 kg tepung terigu, 2 kotak teh dan 1 kaleng susu kental manis,” jelas Yudhi.

Di kesempatan berbeda, Kepala Perwakilan LMI, Andres Irawan menuturkan alasan bekerja sama dengan STP Labuha.

” Kami menilai STP Labuha sangat proaktif dan concern dengan masalah Covid-19 ini sehingga kami tidak ragu untuk bekerja sama dengan STP Labuha. Apalagi dengan bekerja sama dengan STP Labuha, kami juga terbantu dalam merekrut para relewan LMI. Ke depan LMI inshaa Allah akan siap bersinergi dalam program-program lain seperti program Ramadhan, pemberdayaan ekonomi termasuk pendidikan”, ujar Andres.

Di akhir pernyataannya, Ketua STP Labuha juga berharap semoga bantuan kecil ini bisa meringankan beban masyarakat di tengah wabah pandemi Covid-19, apalagi menjelang bulan suci Ramadhan.

“STP Labuha akan terus menebar energi kolaborasi untuk berkontribusi bagi Halmahera Selatan”, tutup Yudhi. (red/tox).

Leave A Reply

Your email address will not be published.