Antisipasi DPT Siluman, Bawaslu Halsel Monitoring Langsung Pencoklitan di Kecamatan Pulau Makean

HEADLINE33 Dilihat

HALSEL, RAKYATKINI.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Selatan, memperketat tahapan pengawasan pencoklitan di Kecamatan Pulau Makian.

Demikian disampaikan Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Halsel, Hijrah Hi Kamuning kepada wartawan kamis (4/7/2024).

Ia mengatakan, telah melakukan monitoring di Kecamatan Pulau Makian untuk mengawasi langsung tahapan pencoklitan yang dilakukan Pantarlih dan jajaran PPK. “Iya, saya turun monitoring langsung di lapangan didampingi anggota PKD dan Panwaslu Kecamatan Pulau Makian memastikan langsung tahapan pencoklitan di sejumlah Desa Kecamatan Pulau Makian yang dilakukan oleh Pantarlih,” terangnya.

Kata Hijrah, tujuan melakukan pengawasan pencoklitan ini untuk memastikan semua warga yang akan menyalurkan hak pilih dicoklit untuk masuk daftar pemilih sementara kemudian ditetapkan sebagai pemilih tetap (DPT) oleh KPU untuk dapat menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada nanti.

“Makanya, kami memantau dan memastikan kinerja PPDP (Pantarlih) saat mendatangi rumah warga untuk mencatat daftar pemilih yang telah memenuhi syarat, memperbaiki data pemilih yang sudah meninggal dan mencoret pemilih yang sudah pindah domisili. Agar mengantisipasi DPT siluman dan DPT ganda di Pilkada tahun ini,” sebutnya.

Selain itu, Hijrah juga menyampaikan kepada PKD dan Panwaslu Kecamatan Pulau Makian tetap memantau tahapan pencoklitan di setiap Desa. “Saya juga sudah himbau kepada anggota PKD dan Panwaslu untuk melaporkan hasil pengawasan pencoklitan di setiap desa, agar tahapan pencoklitan berjalan dengan maksimal,” Pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *