Bawaslu Gelar Apel Siaga dan Patroli Pengawasan Jelang Hari Pencoblosan

HEADLINE321 Dilihat

LABUHA, Rakyatkini.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama dwngan kodim 1509 labuha dan polres halsel, kembali menggelar apel siaga dan patroli pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan berlangsung tanggal 9 desember 2020 nanti.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor bawaslu halsel jln. sadar alam tersebut dihadiri, Dandim 1509/Labuha Letkol Inf. Untung Prastiyo, anggota bawaslu halsel, Asman Jamil, sekreataris bawaslu halsel kamil muis, KBO Reskrim polres Halsel Ibtu Usman Takko, Kabit Satpol PP Hendra, serta Peserta Upacra kurang lebih 60 Orang. “Kami seluruh pimpinan dan jajaran Bawaslu Provinsi Maluku Utara ingin mengucapkan terima kasih pada semua pihak baik Pengawas Kecamatan, Kelurahan/Desa dan TPS, yang dengan ikhlas telah memberikan mendedikasikan diri untuk menjadi bagian dari keluarga besar pengawas pemilihan sehingga pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah se-Provinsi Maluku Utara tahun 2020 dapat berlangsung dengan baik, tanpa hambatan dan gangguan yang berarti meski saat ini bangsa kita tengah dilanda pandemi Covid-19,”ujar Rais Kahar dalam sambutanya mewakili ketua Bawaslu Halsel Kahar Yasin.

Lanjut Rais, secara umum, Bawaslu Provinsi Maluku Utara dan jaiarannya baik di kahupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa telah dan siap melaksanakan pengawasan di setiap tahapan, walaupun masih terdapat sejumlah kelemahan yang perlu diperhatikan secara lebih serius. Dan tentunya seluruh pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan ini adalah bagian dari amanat dan tanggung jawab yang harus diemban. “Apel Siaga dan Patroli Pengawasan Pilkada tahun 2020 ini sendiri hertujuan sebagai bagian dari upaya-upaya pencegahan pelanggaran dalam pemilihan, baik berupa politik uang, politisasi SARA dan Hoax, serta pelanggaran-pelanggaran lainnya yang marak terjadi menjelang hari pencoblosan atau tahapan pemungutan dan penghitungan suara nanti,”terangnya.
Lanjut Rais, dengan adanya kegiatan ini, setidaknya dapat mendeteksi dan mencegah terjadinya pelanggaran – pelanggaran yang kiranya dapat mengganggu dan menodai keberlangsungan Pilkada yang diharapkan dapat berlangsung dengan Luber dan Jurdil.
“Kepada seluruh Jajaran Pengawas, Kami harapkan dapat melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi, tanggung jawab, berintegritas, dan menjaga marwah Iembaga. Pastikan pemungutan suara berjalan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan proses penghitungan dilakukan secara terbuka dan transparan. Pastikan pula hak warga negara dapat tersalur tanpa ada tekanan, paksaan serta janji tertentu, serta seluruh penyelenggara tetap netral tidak berpihak kepada Slapapun,”harapnya.

Dengan demikian Kata Rais, mari bersama-sama melaksanakan pengawasan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas pengawasan. Jaga kesehatan, jaga jarak, kenakan masker, cuci tangan baik dengan sabun atau hand sanitizer.
“Jadi apel siaga ini merupakan instruksi Bawaslu-RI untuk seluruh jajaran Penyelenggara Pemilukada dalam rangka penertiban Alat perga kampanye dalam memasuki Masa tenang sebelum tahapan pencoblosan pada tgl 9 Desember nanti,” tutupnya. (Tox).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *