KPU Halbar Resmi Lantik 390 Pantarlih Pilkada 2024

HEADLINE96 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com– KPU Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melaksanakan pelantikan, bimbingan teknis dan kesiapan pencocokan data penelitian (Coklit) pemuktahiran data pemilih (Pantarlih) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024, di halaman kantor KPU Halbar, Desa Hoku-Hoku Kie, Senin (24/06/2024).

Ketua KPU Halbar Babul M.Syaifuddin dalam sambutannya mengatakan, sebagai lembaga negara yang diamanatkan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 untuk menyelenggarakan pemilu, KPU dituntut melaksanakan fungsinya dengan menerapkan dan berpedoman pada asas good governance- langsung umum bebas dan rahasia (Luber), jujur, dan adil (Jurdil) pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil walikota

“Pencoklitan dan penelitian oleh pantarlih merupakan bagian dari pemutakhiran data pemilih sebagaimana diatur dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 7 tahun 2024 tentang Penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Kemudian data pemilih adalah kegiatan untuk memperbarui data pemilih melalui pencocokan dan penelitian terhadap data pemilih yang dilaksanakan oleh KPU,”ujarnya.

Dia menjelaskan, coklit adalah kegiatan yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih, dengan bertemu pemilih secara langsung dan berdasarkan perbaikan dari rukun tetangga/rukun warga atau nama lain dan tambahan pemilih.

“Pemutakhiran data pemilih adalah kegiatan untuk memperbaharui data pemilih melalui pencocokan dan penelitian terhadap daftar pemilih yang dilaksanakan oleh KPU kabupaten/kota, dibantu PPK, PPS, dan petugas pemutakhiran data pemilih,”jelasnya.

Babul menuturkan, DP4 Halbar yang diterima KPU dari Kemendagri, pada 24 April 2024 sebanyak 100.911 pemilih, tersebar di 173 desa, dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 40.706, dibagi menjadi 261 TPS, dan 390 pantarlih yang akan melaksanakan coklit.

“Terkhusus kepada Bapak Bupati, mohon dukungan dan harapan, kiranya Sekretariat PPK yang telah diusulkan agar segera diterbitkan.Tidak terlupakan pula penyaluran anggaran dana hibah pemilihan yang sampai saat ini belum tersalurkan sepenuhnya sesuai peruntukan, semoga segera diselesaikan,”pungkasnya. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *