Akhirnya, Tiga Agenda Sukses Digelar Oleh Mahasiswa Kubermas Unhair Bersama Karang Taruna Dano Banau

TERBARU335 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com- Mahasiswa Kuliah Berkarya, Bermasyarakat (Kubermas) Universitas Khairun Ternate bersama Karang Taruna Dano Banau Desa Tuada Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Maluku Utara, sukses gelar tiga rangkaian kegiatan dalam satu acara diantaranya, Nuzulul Qur’an, Launching Nasi Jaha Tuada, dan Deklarasi dukungan masyarakat Desa Tuada terhadap Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat atas upaya mendorong BANAU jadi Pahlawan Nasional.

Kegiatan Nuzulul Qur’an yang digelar oleh Masiswa Kubermas bersama Karang Taruna Dano Banau Desa Tuada ini mengangkat tema “Hakikat Al-Qur’an Dalam Diri Manusya” dan Launching Nasi Jaha Tuada yang merupakan makanan kuliner khas Desa Tuada serta Deklarasi dukungan masyarakat desa Tuada terhadap Pemkab Halbar yang berencana mendorong Kapita Banau jadi Pahlawan Nasional.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Al’Ustad Dasri Naimur sebagai penceramah, Sukma Linda Yusup pembaca ayat suci Al-Qur’an sekaligus memeriahkan acara dengan lagu Qasida, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Hi. Imrat Idrus, mewakili Pemkab Halbar, mewakili Danyon Raider khusu 732 Banau Lettu Inf. Bramyulian, Mewakili Kapolres Halbar, Kepala KUA Jailolo, mewakili Kalapas Jailolo serta para tamu undangan.

Kadispora Hi Imrat Idrus, yang mewakili Pemkab Halbar dalam sambutannya menyampaikan, Peristiwa Nuzulul Qur’an harus menjadi renungan hubungan sesama manusia serta Manusi dengan sang pencipta, sebab peristiwa ini di sebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam Nuzulul Qur’an menjadi malam yang lebih baik dari seribu bulan, maka dari itu, peristiwa ini harus menjadi renungan hubungan kita sesama manusia, dengan Al-Qur’an dan sang pencipta.

“Untuk itu, sebagai ummat Islam, wajib bagi kita membaca dan menelaah isi dari Al-Qur’an yang di dalamnya terdapat keutamaan manusia sebagai mahluk ciptaan Allah SWT yang paling mulia dan sempurna,”pintah Hi. Imrat Idrus dalam membacakan sambutan Wakil Bupati Halbar DJufri Muhamad, Kamis (29/04).

Mantan kepala KesbanPol Halbar ini, mengajak Karang Taruna Dano Banau serta masyarakat Desa Tuada agar bersatu mendukung langkah Pemerintah jika yang di lakukan adalah benar. Namun lanjut Ketua NU Halbar ini bahwa sesuai pesan Wabup Halbar Djufri Muhammad, apabila terdapat kesalahan maka di minta masukan dari Karang Taruna serta masyarakat.

Tak hanya itu, ia juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk mahasiswa Kubermas Unkhair Ternate yang dengan gigih dan semangat mengimplementasikan pengetahuan yang di peroleh di kampus, serta betul-betul membantu masyarakat.

“Pada kesempatan ini pula, kita sama-sama akan melaunching kuliner khas Desa Tuada yang mana saya secara pribadi sangat mengapresiasi karena ini merupakan kuliner khas tradisional kita yang biasa di kenal dengan nasi jaha,”ujarnya.

Oleh karena itu harap Hi. Imrat bahwa dalam momentum launching kuliner khas masyarakat Desa Tuada yang bertepatan dengan malam Nuzulul Qur’an ini, semoga mendapat berkah dan rizki dari Allah SWT.

Sementara Koordinator Desa (Kordes) Mahasiswa Kubermas Unkhair Ternate Zulfikram Do Dasim mengaku, terkait kuliner khas masyarakat Desa Tuada itu, pihaknya sudah melakukan survey dan berdasarkan hasil survey, minat masyarakat Halmahera Barat terhadap kuliner tersebut sangat tinggi. Untuk itu pihaknya bersama Karang Taruna Dano Banau bersepakat untuk menggelar kegiatan Nuzulul Qur’an di rangkaikan dengan launching Nasi Jaha sekaligus melakukan Deklarasi.

Untuk di Ketahui, Deklarasi Banau dalam bentuk penyampaian Ikrar sumpah Karang Taruna Dano Banau serta masyarakat Desa Tuada di pimpin oleh Ketua Karang Taruna Dano Banau Fikar S Iksan.

Poin-poin dalam Ikrar Sumpah tersebut di antaranya, bersumpah akan menjadi garda terdepan bagi pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, bersumpah akan memilih jalan oposisi jika rencana tersebut gagal kesekian kalinya dan bersumpah, akan golput pada pilkada selanjutnya jika rencana mendorong Banau menjadi Pahlawan Nasional.

Sementara Ketua Banau Institute 1914, Fahmi Albar yang mendapat kesempatan untuk menyampaikan Prakata dalam acara Deklarasi tersebut mengatakan bahwa sementara ini Banau Institute 1914 telah mendapat gambar sketsa Banau dan mesih terus berupaya untuk mendapat foto Banau. Ketua Imstitute 1914 ini juga bersumpah di depan masyarakat Desa Tuada bahwa senantiasa bersama-sama dengan Pemda dan Yayasan D’Tebings akan berupaya semaksimal mungkin mendorong Banau menjadi Pahlawan Nasional.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *