Bentuk Tim Sasadu, Tangani Kasus Gizi Buruk di Halbar

0

HALBAR, Rakyatkini.com – Penganan kasus gizi buruk di Halmahera Barat (Halbar) saat ini menjadi fokus Dinas Kesehatan (Dinkes) Halbar.
Hal itu diungkapkan saat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) yang juga merupakan reformer dari proyek perubahan dengan sasaran membentuk relawan Sehat Balitaku, Sehat Desaku (Sasadu) itu mengadakan Focus Grup Discussion (FGD) bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta para Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar, di ruang aula baikole kantor bupati, Selasa (29/10). FGD yang dipandu langsung oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Syahril Abduradjak itu, pembentukan relawan Sasadu untuk menangani masalah gizi buruk di halbar.

Suasana FGD Pembentukan TiM Relawan Sasdu.

Kadinkes Rosfince Kalengit menyampaikan, tujuan dari FGD ini adalah membentuk relawan reaksi cepat untuk menangani kasus gizi buruk secara cepat. Selain itu, dalam waktu dekat pihaknya akan membentuk tim relawan reaksi cepat dan melibatkan masyarakat desa, tim pendamping desa serta kader posyandu.

”Setelah pembentukan, kita akan bergerak cepat dan efektif agar target saya sesuai dengan proyek perubahan dalam kurun waktu dua bulan kedepan gizi buruk di halbar akan menurun secara drastis. Ada sepuluh desa di halbar yang kita fokuskan untuk menurunkan angka gizi buruk, sehingga harapan saya pembentukan tim relawan reaksi cepat ini bisa menekan angka gizi buruk, bila perlu kita usahakan kasus gizi buruk tidak ada di halbar,”ungkanya.

Sementara Sekkab Syahril Abduradjak menyampaikan, FGD hari ini melibatkan SKPD untuk membahas penguatan ide-ide program sasadu yang akan dijalankan. Jadi ide-ide yang dilahirkan akan membantu berjalannya program Sasadu dalam menangani problem gizi buruk di halbar, karena ini merupakan kewajiban semua stakeholder di lingkup Pemkab halbar.

”Diharapkan FGD ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat melahirkan ide-ide cemerlang dari SKPD dan camat, sehingga bisa menjadi program yang baik untuk daerah ini,”pungkasnya. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.