Simulasi Pungut Hitung Dipusatkan di Halsel, Ketua Bawaslu Apresiasi Kinerja KPU

HEADLINE399 Dilihat

LABUHA, Rakyatkini.com –  Pelaksaan simulasi Pengumutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap ditingkat TPS dalam pemilihan serentak 2020 yang dipusatkan di halaman kantor KPU Kabupaten Halmahera Selatan mendapat apresiasi luar biasa dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Selatan.

Apresiasi disampaikan langsung oleh ketua Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan Kahar Yasim ketika menyampaikan sambutannya pada pembukaan simulasi, kegiatan simulasi ini merupakan salah satu kegiatan yang bagi saya harus mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan karena memang di posisi 270 sekian daerah yang melaksanakan Pemilu pada 2020 ini tapi Halmahera Selatan yang mendapatkan kegiatan simulasi secara Nasional dan ini kita harus mengapresiasi kerja KPU Kabupaten Halmahera Selatan “Simulasi ini adalah potret atau gambaran yang kemudian pada posisi tanggal 9 Desember adalah seperti ini kondisinya paling tidak tidak ada yang berupa pada posisi penghitung pada pemilu sebelumnya dengan yang di tanggal 9 nanti yang berubah hanyalah para persoalan protokol covid 19 saja tidak ada substansi yang berubah pada posisi coblos di tanggal 9 Desember mendatang,” paparnya.

Kahar juga mengatakan, pada momen ini juga berharap kepada semua jajaran khususnya jajaran ditingkat desa dan kecamatan proses simulasi ini kita simak bersama sehingga pada posisi di 9 Desember nanti tidak ada hal yang kemudian menimbulkan hal-hal yang kejanggalan terkait dengan proses pemungutan dan penghitungan surat suara “kepada masyarakat Sekitarnya kegiatan ini memberikan gambaran kepada kita Masyarakat Halmahera Selatan pada posisi tanggal 9 adalah seperti ini jadi jangan takut kepada jangan takut soal persoalan covid 19 sehingga warga takut dan tidak dapat untuk menyalurkan hak pilih mu KPU sudah menyiapkan Segala Segala perangkat terkait dengan protokol Covid jadi kita perlu takut datang ke TPS pada tanggal 9 untuk menyalurkan hak pilih,” Pungkasnya.

Pelaksaan simulasi Pengumutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap ditingkat TPS dalam pemilihan serentak 2020 ini dilaksanakan di halaman kantor KPU Kabupaten Halmahera Selatan dan dihadiri oleh KPU Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara dan Kota Tidore Kepulauan. Nampak juga ketua KPU Halmahera Selatan Pudja Sutamat anggota KPU Provinsi Malut Buchari Mahmud serta dihadiri juga oleh ketua Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan Kahar Yasim serta anggota Rais Kahar.

Amatan wartaran dilokasi, Simulasi pengumutan dan penghitungan suara dilaksanakan pada pukul 07.00 wit dan TPS yang menjadi simulasi adalah TPS desa Tomori. Didalam TPS semuanya menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yakni dari sarung tangan hingga pelindung muka dan warga yang datang sebelum masuk wajib cuci tangan dan diukur suhu tubuh, dan jika ada warga yang suhunya diatas 37 derajat langsung diberikan pencoblosan khusus. Pelaksanaan simulasi sandiri hingga pukul 17.00 wit karena pada pukul 12.00 waktu untuk istrahat hingga 14.00 wit mulai dilakukan penghitungan surat suara. (Tox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *