Surat Suara Pilkada Halsel Sudah Dicetak, Bawaslu dan Polisi Ikut Kawal

HEADLINE249 Dilihat

LABUHA, Rakyatkini.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan mulai melakukan pencetakan Surat Suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan tahun 2020 dan direncanakan tanggal 19 – 20 November mendatang sudah tiba di Halmahera Selatan.

Ketua KPU Kabupaten Halmahera Selatan, Darmin Hi Hasim kepada wartawan mengatakan, Surat Suara Pilkada Halmahera Selatan dicetak di Makassar dan proses pencetakan Surat Suara sudah mulai dilakukan pada jumat (13/11) pagi dan direncanakan malam sudah selesai dicetak “direncanakan pada tanggal 18 November Surat Suara yang dicetak di Makassar sudah tiba di Ternate dan untuk Surat Suara Halmahera Selatan tanggal 19 atau 20 sudah berada di Bacan,” tuturnya.

Darmin lantas mengatakan, proses pencetakan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan d Kota Makassar ini diawasi dan dikawal oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polres Halmahera Selatan “Surat Suara yang dicetak sebanyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Halmahera Selatan yakni 154.377 Surat Suara dditambah dengan 2,5 persen,” cetusnya.

Proses pencetakan Surat Suara dilakukan di Makassar namun untuk Bilik dan Kotak Suara pembuatannya di Tangerang dan Bogor dan ada yang di Surabaya, sementara untuk Hologram dilakukan pencetakan di Jakarta “pembuatan dan pencetakan surat surat, bilik suara, kotak suara, hologram dan lain lain dilakukan didaerah tempat yang berbeda karena proses lelang dilakukan secara e-Katalog jadi pemenangnya terpisah,” pungkas Darmin Hi Hasim. Ikut awasi dan kawal pelaksanaan pencetakan Surat Suara adalah Ketua Bawaslu Halsel Kahar Yasim.

Sekedar diketahui, Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Halmahera Selatan ditahun 2020 diikuti oleh dua pasangan calon Bupati dan wakil Bupati yakni pasangan Helmi Umar Muksin – La Ode Arfan dengan nomor urut 1 dan pasangan Usman Sidik – Bassam Kasuba dengan nomor urut 2. (Tox).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *