Gunakan ‘3T’ Cegah Penularan Virus Corona, Warga Dihimbau Tetap Taat Protokol Kesehatan

0

LABUHA, Rakyatkini.com Untuk mendeteksi dan dalam rangka pencegahan penularan virus Corona atau Covid 19 di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan, Pemkab Halmahera Selatan bekerjasama dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Klas I Manado mulai melakukan tracking sekaligus swab terhadap petugas kesehatan dan masyarakat yang melakukan kontak erat dengan pasien Covid 19.

Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan, Hasna Muhammad kepada wartawan rabu (23/9) mengatakan, saat penularan atau penyebaran virus Corona terus meningkat secara Nasional dan di kabupaten Halmahera Selatan sendiri sampai saat ini masih ada pasien virus Corona atau Covid 19 yang secara intens di rawat “petugas terus lakukan deteksi untuk lakukan treatment terhadap masyarakat yang telah terkontak erat dengan pasien Covid 19, makanya saat ini ada kerja BTKLPP Klas I Manado dengan Pemkab Halsel turun melakukan testing, tracing, dan treatment (3T) untuk mencegah penularan lebih luas,” tuturnya.

Menurut Hasna, saat ini sudah ada dua petugas kesehatan di Puskesmas yang telah di ambil sampel swabnya yakni Puskesmas Gandasuli, Puskesmas Labuha termasuk petugas dan narapidana penghuni di Lapas Labuha telah di swab dan direncanakan besok (red, kamis 24/9) dilakukan swab di petugas kesehatan Puskesmas Babang “hasil swabnya akan secepatnya diumumkan namun tetap koordinasikan dengan Provinsi Malut, dan ditargetkan pemutusan penularan Covid 19 ini maka perhari akan dilakukan testing, tracing, dan treatment sebanyak 30 orang dan perminggu nya 250 orang. Untuk testing, tracing, dan treatment hingga kamis (24/9) maka sudah mencapai 350 orang,” paparnya.

Hasna juga mengatakan, penularan Covid 19 di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan ini hingga saat ini yang terkonfirmasi sudah 199 orang dan 19 orang masih dilakukan perawatan karena masih positif Covid 19 yakni 15 orang masih di rawat di Rusunawa dan 2 orang dilakukan perawatan atau isolasi mandiri dirumah “Rusunawa dan Rumah sakit tetap menjadi ruang isolasi untuk pasien Covid 19,” tuturnya.

Hasna lantas menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan agar tidak mengabaikan protokol kesehatan penanggulangan virus Corona atau Covid 19 “kepada seluruh masyarakat Halmahera Selatan agar tetap taat protokol kesehatan yakni Pakai Masker, jaga jarak dan cuci tangan sering sering mungkin,” himbaunya. (Tox).

Leave A Reply

Your email address will not be published.