Menekan Angka Penganguran, Pemkab Telah Bentuk Tim RKD

0

MOROTAI, Rakyatkini.com- Dalam rangka menekan angka pengangguran di Kabupaten Pulau Morotai kedepan. Pemkab melalui tim Rencana Kerja Daerah (RKD) membuat perencaan tenaga kerja daerah lima tahun kedepan untuk menekan angka pengangguran tersebut. Hal ini diungkapkan Ketua tim RKD, Ahdad Hi. Hasan.

Kepada sejumlah awak media di kantor Bupati, Selasa (19/11) ketua RKD yang juga staf Ahli Bagian Pemerintahan, Hukum dan Politik ini mengatakan, permasalahan penangguran terbuka perlu diseriusi dengan dilakukannnya berbagai kebijakan dan program baik dibidang perekomian maupun ketenaga kerjaan yang harus dilakukan secara konsisten.

“Pengusunan RTK akan menggerakan antara pembangunan perekomian dengan pembangunan ketenagakerjaan, “kata Ahdad.

Mantan Kaban Keuangan ini juga mengungkapkan dari hasil penyusunan RTK penunjukan, bahwa perekonomian di Morotai pada tahun 2019-2024 diperkirakan mampu tumbuh sebesar Rp 6,06 persen pada tahun 2019, semenatara di tahun 2024 tumbuh menjadi sebesar 6,35. “Pertumbuhan perokonomian positif ini juga diperkirakan mendorong terciptanya kesempatan kerja, “imbuh Ahdad.

Menurutnya, agar rencana kerja ini tidak hanya menjadi isu semata, maka hal tersebut harus dilaksanakan secara konsisten. “Persoalan tenaga kerja ini persoalan yang kompleks, olehnya itu diperlukan konsep pembangunan yang holistik dan kotomporer, “timpal Ahdad.

Pengusunan rencana kerja ini, lanjut Ahdad dibuat sesuai dengan arahan pemerintah pusat, tujuan dari rancangan kerja ini, agar pemerintah daerah dapat mengindentifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan kedepan nantinya.

“Data rencana kerja ini nantinya akan bisa digunakan oleh pimpinan daerah berikutnya, “terang Ahdad. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.