Puskesmas Daruba Morotai Berpindah Lokasi

0

MOROTAI, Rakyatkini.com- Bagi masyarakat yang berkeinginan berobat maupun memeriksa kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Daruba perlu diketahui, bahwa Puskemas Daruba yang sebelumnya berlokasi di Desa Yayasan sudah berpindah ke Desa Gotalamo, tepatnya di kompleks Lemonade.

Kepala Puskesmas Daruba, dr Adil Makmur kepada sejumlah awak media, Selasa (11/02) mengatakan, pihaknya mengambil langkah tempati Puskesmas baru ini, karena bangunannya sudah tuntas dikerajakan.

“Memang fasilitas petunjang seperti listrik belum memadai, tapi bangunannya sudah selesai kerjakan, jadi kami tempati, tinggal diisi peralatan Puskesmas yang masih kurang, tanggal 10 kemarin kami sudah tempati, peresmiannya mungkinan menunggu peresmian pasar baru, tapi kami sudah tempati tujuannya pembersihan dan memperbiasakan masyarakat berobat di Puskemas baru ini,” ucapnya.

Saat ini, kata dia, yang dibutuhkan adalah pasokan listrik, karena listrik yang tersedia belum memadai, karena fasilitas petunjang seperti komputer dan fasilitas lainnya membutuhkan pasokan listrik yang cukup. “Jadi yang masih kurang pasokan listrik, tapi saya sudah menyurat ke pihak PLN untuk menambah pasukan listrik yang masih kurang itu, “katanya.

Selain pasukan listrik, kata dia, transportasi penunjang lainnya seperti mobil ambulans juga harus ditambah, karena mobil ambulans yang tersedia saat ini baru satu unit.

Meski pun Puskesmas lokasi cukup jauh dan fasilitasnya belum lengkap, namun Puskemas baru dibuka masyarakat sudah berbondong-bondong datang ke Puskemas untuk berobat.

“Baru pertama dibuka saja, sudah tercacat 60 pasien yang berobat, dan hari kedua terdapat 40 pasien, untuk pelayanan sudah 100 persen, untuk mobil ambulans pak Bupati bilang akan ditambah 2 unit lagi, “imbuhnya.

Dikatakan, sementara bangunan Puskesmas yang lama yang ditinggalkan bakal dijadikan sebagai pusat pelatihan Dinas Kesehatan (Dinkes). “Untuk kebutuhan ruangan semuanya terpenuhi, “timpalnya.

Menurutnya, Puskesmas yang baru ditempati lebih nyaman dibandingkan dengan bangunan sebelumnya, karena Puskesmas baru bangungannya luas dan ruangan cukup banyak, sementara bangunan lama ruangannya kecil dan terbatas.

“Jadi perlu saya ingatkan kepada seluruh masyarakat yang hendak berobat ke Puskemas. Puskemasnya sudah di pindahkan di lokasi pasar baru, tepatnya di Desa Gotalamo, kompelks Lemonade, “imbaunya. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.