Lagi, Desa Penghasil Nickel di Halmahera Selatan Dilanda Banjir

DAERAH424 Dilihat
BACAN, RAKYAT.COM – Kehidupan masyarakat desa Kawasi, Kecamatan Obi kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara semakin terancam, terutama pada saat musim hujan, buktinya desa pengahasil Nickel ini dilaporkan dilanda banjir bandang akibat hujan deras pada jumat (16/6) pagi. Banjir ini sudah beberapa kali melanda masyarakat desa Kawasi sejak beroperasinya PT Harita Group.
Informasi yang diperoleh wartawan Rakyatkini.com luapan air banjir tersebut berasal dari dataran tinggi yang berdekatan dengan wilayah konsesi Harita Nickel.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Selatan M Ikhwan Iskandar membenarkan insiden tersebut. Ikhwan mengaku bahwa air menjalar hingga ke pemukiman warga Desa Kawasi. “Informasi sementara begitu (air menjalar ke pemukiman warga). Tapi nanti tim turun melakukan investigasi,” katanya.
Ikhwan belum bisa memastikan apakah lokasi banjir bandang itu berdekatan dengan lokasi pertambangan nickel. “Karena kita hubungi Kepala Desa Kawasi juga nomornya tidak aktif. Tapi airnya dari pegunungan,” terangnya.
Atas insiden banjir bandang di Desa Kawasi ini, lanjut Ikhwan, BPBD Halmahera Selatan mengimbau kepada warga agar tetap waspada. Sebab, belakangan ini cuaca kurang membaik “Waspada itu penting, artinya jangan sampai akibat cuaca kurang baik ini menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan,” himbaunya. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *