Antipasi Coronavirus Pemda Morotai Periksa Penumpang KM Giovani

0

MOROTAI,Rakyatkini.com – Upaya pencegahan terhadap virus corona intens dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemda) Pulau Morotai. Pasalnya, setelah membatalkan HUT Morotai yang dijadwalkan berlangsung di Desa Mira, Jumat (20/03) besok.

Yang terbaru Pemda melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memperketat pengawasan jalur masuk, keluar salah satunya akses pelabuhan kapal Imam Lostori, dimana para penumpang yang menumpangi KM Giovani rute Ternate-Morotai yang tiba di Morotai, Kamis (19/03) pagi tadi, diperiksa satu persatu, hal ini dilakukan mengantipasi terjadinya penularan virus corona.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Morotai, Taufik mengaku pemeriksaan dilakukan berupa pengecekan suhu tubuh penumpang. Pemeriksaan dilakukan dipintu masuk, dilakukan pengecekan suhu tubuh lewat termo scan. “Ini dilakukan untuk membatasi apabila ada ancaman virus corona, “katanya.

Kata dia, yang difokuskan dalam pemeriksaan adalah orang-orang dengan riwayat pernah berpergian dari daerah yang satu ke daerah lainnya. Karena menurut Kementrian Kesehatan daerah seperti Jaakarta, Medan, dan Manado sudah yang positif virus corona.

“Dari penumpang yang kami periksa terdapat dua orang dengan yang suhu badannya 38 derajat tapi keduanya saat ditanya tidak mengalami demam, itu artinya keduanya tidak ada gejala-gela terjangkit virus corona, kami juga menginformasikan keduanya, jika terdapat gejala klinis yang memburuk nanti, segera ke unit pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapat pelayan lebih lanjut, “tutupnya. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.