Bupati Danny Panen 75 Ton Padi di Lolori

0

HALBAR, Rakyatkini.com  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar), nampaknya serius mengembangkan potensi Padi Sawa untuk menunjang kesejahteraan petani.

Keseriusan Pemkab itu, bisa dilihat dari pembinaan Kelompok Petani Padi yang dilakukan oleh Dinas Pertanian (Distan) Halbar, sehingga saat ini Kelomok Tani Nyigel Desa Lolori bisa melakukan panen Padi sebanyak 75 Ton. Panen padi yang dilakukan oleh Bupati Danny Missy secara simbolis, Selasa (12/11) itu, ada tiga jenis padi yang ditanam diantaranya, Padi Varietas M400, Padi Varietas Sarayu dan Padi Varietas Inpari.

”Pemkab akan membuka akses, agar beras-beras milik masyarakat ini bisa jadi beras unggulan di halbar yang nantinya disebar ke toko-toko sembako yang ada di halbar,”ungkap Danny saat melakukan Panen Perdana di Desa Lolori, kemarin

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Halbar ini berharap, padi yang telah di panen itu, selain digunakan untuk makan, diusahakan bisa menghasilkan menjadi penghasilan para kelompok tani. Danny juga telah menujuk orang untuk mengkordinir setiap hasil panen padi yang ada di desa lolori, agar nantinya bisa menjadi perpanjangan tangan antar kelompok tani dengan Perusahaan Daerah (Perusda), sehingga setiap hasil panen akan diambil langsung oleh Perusda.

”Saya juga telah meminta pihak BPOM untuk memeriksa dan memberikan lebel beras yang akan di pasarkan. Saya targetkan 2021 terciptanya ketahanan pangan di halbar,”jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Halbar Totari Balatjai menjelaskan, panen padi yang dilakukan kemarin, seluas 15 hektar dengan hasil panen diperkirakan sebanyak 75 ton. Untuk pengembangan di tahun 2020 diupayakan bisa mencapai 40 hektar, karena lahan yang bisa digunakan untuk areal persawan desa lolori masih cukup besar.

”Target pemkab di tahun 2021, halbar bisa mencapai swasembada beras,”tutup Totari.

Turut hadir dalam acara panen padi tersebut, ketua DPRD Halbar Charles R. Gustan, Asisten II Setda Halbar Marcus Seleky, Pabung Dandim Persiapan Halbar Kapten Inf Nurarifin, pimpinan SKPD. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.