Hebaat, Budidaya Rumput Laut Rubah Penghasilan Masyarakat Laluin

0

LABUHA, Rakyatkini.com– Desa Laluin kecamatan Kayoa Selatan nampak menjadi salah satu yang menerapkan program pemberdayaan budidaya Rumput Laut sebagai program andalannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa Laluin, program yang digagas melalui sumber Dana Desa (DD) tahun 2018 ini terbukti mengubah penghasilan masyarakat desa Laluin.

Meskipun program pemberdayaan budidaya rumput laut ini baru setahun namun hasilnya sudah nampak, program andalan pemberdayaan ekonomi kepala desa Laluin Viki Salamat S.IP ini awalnya diploting dana awalnya Rp 100 juta pada tahun 2018 bulan Agustus lalu, Pengadaan bibit rumput laut di desa Tawabi kecamatan Kepulauan Joronga.

“masyarakat Laluin ini mata pencaharian utamanya di laut makanya program budidaya rumput laut dilakukan dan hasilnya sudah dinikmati oleh masyarakat desa Laluin,” Kata kepala desa Laluin Viki Salamat kepada wartawan kamis (29/8).

Menurut Viki, program pemberdayaan budidaya rumput laut ini setiap bulan sudah dilakukan panen, panen yang dilakukan oleh warga ini langsung dibeli oleh Bumdes Laluin Mandiri dengan harga paten Rp 16 ribu per kilo karena Bumdes Laluin Mandiri adalah Badan Usaha Milik Dese Laluin, selanjutnya Bumdes menjual hasil tersebut ke Ternate, untuk jual ke Ternate harga fluktuatif dari Rp 18 sampai 20 ribu perkilo.

“dari 447 rumah yang ada di desa Laluin saat ini yang sudah memiliki lahan rumput laut sudah 122 rumah dan panennya setiap bulan. Jadi targetnya ditahun 2020 mendatang sudah harus 300 rumah yang memiliki lahan rumput laut,” Tuturnya.

Viki lantas mengatakan, program pemberdayaan budidaya rumput laut ini guna meningkatkan atau merubah penghasilan masyarakat desa Laluin, sebelumnya 122 rumah yang saat ini memiliki lahan rumput laut itu penghasilan perbulan nya hanya Rp 1 juta sampai Rp 2 juta namun dengan adanya budidaya rumput laut masyarakat memiliki penghasilan naik menjadi Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per bulan.

“Semoga tetap lancar sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat desa Laluin untuk melanjutkan dan meningkatkan hidup,” Katanya.

Sementara itu, Muin Ade warga RW 03, Sahlan Hayat warga RW 02 dan Kamal Labanca warga RW 01 desa Laluin kepada wartawan mengatakan, program budidaya rumput laut yang dilakukan oleh kepala desa ini sangat luar biasa karena sangat membantu masyarakat, manfaatnya pun kami sudah sangat merasakannya, dulu kami sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup termasuk biaya sekolah anak anak kami karena penghasilan pas pasan namun sekarang Alhamdulillah sudah agak bagus karena setiap bulan kami mendapatkan hasil yang cukup dari produksi rumput laut.

“kami ucapkan banyak terimakasih kepada kepala desa yang mampu mengubah penghasilan ekonomi kami, sekarang kebutuhan sekolah anak anak juga sudah dapat dipenuhi karena setiap saat ada penghasilan,” Pungkas ketiga warga desa Laluin ini.

Di sisi lain, program pemberdayaan ekonomi budidaya rumput laut ini asas manfaatkan ya dirasakan oleh masyarakat posi posi dan Bajo Gurupin dan Kayoa Utara, mengambil bibit di Laluin namun kesepakatan nya hasil jual ke Bumdes Laluin.
“ditahun 2019 ini juga dilakukan pembuatan bodi katintint fiber, 50 unit,” Pungkas Viki (tox)

Leave A Reply

Your email address will not be published.