KPU Halsel Tetapkan DPS 155.204 Jiwa, Termasuk 25.207 Pemilih Baru

0

LABUHA, Rakyatkini.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara senin (7/9) melakukan pleno Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak lanjutan tahun 2020, Total DPS yang ditetapkan sebanyak 155.204 jiwa. Dalam pleno penetapan DPS tersebut terdapat Pemilih Baru sebanyak 25.207 Jiwa.

Penetapan DPS tersebut dilakukan melalui rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilihan Hasil Pemutakhiran (DPHP) pada singkronisasi Daftar Pemilih (DPT) sebelumnya dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), pada pleno tersebut ditetapkan DPS laki laki sebanyak 79.318 jiwa dan DPS perempuan sebanyak 75.706 jiwa.

Rapat pleno DPS oleh KPU Kabupaten Halmahera Selatan ini dipimpin langsung oleh ketua KPU Darmin Hi Hasim dan keempat anggotanya M Agus, Halid A Radjak, Yaret Colling dan Rusna Ahmad. Nampak hadir juga dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan Ketua Kahar Yasim, anggota Rais Kahar dan Asman Jamel. Sementara dari pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dihadiri langsung oleh kepala dinas Saban Ali dan hadir juga 30 Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK). Serta pihak partai politik

Anggota KPU Kabupaten Halmahera Selatan Rusna Ahmad kepada rakyatkini.com usai pleno mengatakan, setelah pleno DPS tersebut KPU Kabupaten Halmahera Selatan akan mengumumkan dan tanggapan masyarakat DPS dilakukan 19 – 28  September dalam waktu tersebut masyarakat bisa menyampaikan ke PPS jika ada sanggahan “sesuai jadwal yang tertuang dalam PKPU 05 2020 Pleno penetapan DPT 9 – 16 Oktober mendatang,” tuturnya.

Dalam pleno DPS tersebut juga diumumkan dari 249 desa dan 30 kecamatan di kabupaten Halmahera Selatan terdapat Tempat Pengumutan Suara (TPS) sebanyak 493, untuk A-KWK atau singkronisasi Daftar Pemilih (DPT) sebelumnya dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) sebanyak 164.083, untuk pemilih baru sebanyak 25.207, untuk data Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 34.266, untuk pemilih ubah sebanyak 5.169. Setelah dilakukan pleno data DPS langsung diserahkan ke Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan. (Tox).

Leave A Reply

Your email address will not be published.