Pemkab Mahakam Ulu, Belajar Pranat Adat di Halbar

0

HALBAR, Rakyatkini.com– Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) dalam melestarikan Lembaga Pranata Adat di Halbar menjadi ketertarikan bagi daerah lain untuk belajar.

Hal ini dibuktikan dengan kedatangan rombongan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) datang ke Halbar untuk melakukan study pembelajaran tentang lembaga adat di halbar. Rombongan dari Pemkab Mahakam Ulu yang dipimpin Kepala Bidang Pemerintahan Kampung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Suryanto, berkunjung ke halbar dalam rangka belajar tentang pemberdayaan, pembinaan dan pelestarian lembaga adat dan masyarakat adat, sehingga apa yang dipelajari di Halbar bisa diterapkan di Kabupaten Mahakam Ulu. Rombongan dari Pemkab Mahakam Ulu juga berkunjung di Desa Gamtala untuk mempelajari struktur adat di Gamtala.

“Yang kami temukan di Halbar ini, yaitu mekanisme pelestarian maupun penganggaran terkait lembaga adat melalui anggaran-anggaran APBD, baik tata cara mekanisme hibah maupun dalam bentuk insentif, hal itu yang nantinya bisa kita terapkan dan kita adopsi untuk pengbangan adat dan budaya di Mahakam Ulu.” ungkap Kepala Bidang Pemerintahan Kampung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Suryanto, usai melakukan pertemuan bersama Kadis DPM-PD Asnath Sowo, serta staf khusus Bupati di kantor Bupati,, kemarin.

Suryanto menambahkan, adat dan budaya di halbar sangat luar biasa, karena secara turun temurun pembinaan lembaga adat sudah semakin maju. Suryanto juga mengaku, kedatangan mereka di Halbar juga diinstruksikan langsung oleh Bupati Mahakam Ulu, karena budaya di Halbar bisa dijadikan study pembelajaran dan study banding.

“Tim yang kami bawa dari Mahakam Ulu yaitu dari dinas pemberdayaan desa, ketua LPM provinsi Kaltim. Jadi luar biasalah halbar ini, kita tidak terpikir sampai kesini tapi karena memang budayanya luar biasa makanya kita langsung berkunjung,”katanya.

Sementara Ketua LPM Provinsi Kaltim Mujarini Baraq mengaku, sangat berterima kasih karena mendapat sambutan yang luar dari Pemkab Halbar, karena kedatangan mereka disambut oleh Bagian Hukum, DPM-PD dan para staf ahli bupati.

“Banyak hal yang sudah kami pelajari, sehingga kerja sama yang baik ini, tidak berhenti sampai disini, tapi berkelanjutan antara Pemkab Halbar dan Oemkab Mahakam Ulu,”ujarnya.

Terpisah Kepala DPM-PD Asnath Sowo menyatakan, terima kasih kepada Pemkab Mahakam Ulu, karena sudah berkunjung ke halbar. Harapannya kedepan dapat memperkuat hubungan kerjasma dalam pengembangan kelembagaan pranata adat antara kedua kabupaten.”Halbar sudah tiga tahun terakhir menjadi pilot project penataan pranata adat dari pemerintah pusat,”pungkasnya (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.