BPK Apresiasi Pengelolaan Keuangan Halmahera Selatan Dibawa Pimpinan Bupati Bassam Kasuba

HEADLINE637 Dilihat

HALSEL, RAKYATKINI.COM – Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan Daerah serta mampu menjembatani kebutuhan satu data keuangan seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) secara nasional.

Webinar dengan topik “Penyampaian LKPD (UNAUDITED) Tahun 2024 Oleh Pemerintah Daerah Kepada Badan Pemeriksaan Keuangan” dilaksanakan di Ternate, Provinsi Maluku Utara pada Kamis (11/01/2024). Yang di hadiri Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Hasan Ali Bassam Kasuba dan seluruh Kepala Daerah yang ada di Maluku Utara

Marius Sirumpea ketua BPK MALUT dalam sambutanya menyampaikan, Pemerintah pusat juga dapat lebih mudah dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Pemda. Sebab, sistem ini menyediakan data informasi lengkap terkait penyelenggaraan pemerintahan daerah. Pemerintah pusat juga dimudahkan dalam perumusan kebijakan yang berbasis data.

“Bagi pemerintah pusat juga akan efektif dan efisien dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan, semuanya terekam, semuanya terdokumentasi, dan semuanya tersedia yang ada di situ,” ucapnya

Marius juga ikut memuji Kabupaten Halmahera Selatan, dalam mengelola keuangan. Menurutnya Halsel merupakan salah satu Daerah yang pengelolaan keuangannya terbaik di bandingkan Kabupaten lain.

“Saya apresiasi terhadap Kabupaten Halmahera Selatan yang menjadi kabupaten terbaik dalam pengelolaan keuangannya,” tutur Ketua BPK Malut

Dilain sisi, kata Marius, masyarakat juga akan mendapatkan akses terhadap informasi penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui website yang tersedia. Pelaku usaha juga bisa dengan mudah melihat kondisi daerah melalui analisis dan profile pembangunan daerah sebagai pertimbangan dalam berinvestasi.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba mengatakan, dengan diimplementasikannya SIPD ini, diharapkan pemerintah Daerah dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangannya. Selain itu, implementasi SIPD juga diharapkan mampu menjembatani kebutuhan satu data keuangan seluruh Pemda secara nasional.

“Dengan diimplementasikannya SIPD ini, kita berharap bisa mampu menjembatani kebutuhan satu data keuangan pemerintah Daerah khususnya di Halmahera Selatan dan seluruh Pemda secara nasional,” kata Bassam Kasuba

Putra Sulung Muhamad Kasuba itu juga mengutarakan rasa haru terhadap apresiasi yang diucapkan oleh Ketua BPK Malut Marius Sirumpea, yang memuji kinerja pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Selatan.

“Rasa haru terhadap Apresiasi yang disampaikan oleh Ketua BPK. Semoga predikat ini bisa dipertahankan oleh jajaran Pemkab Halsel dan bila perlu lebih ditingkatkan,” pungkas orang nomor satu di Halmahera Selatan itu. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *