Dinas P2KBP3A Gelar Sosialisasi Desa Layak Anak

DAERAH303 Dilihat

HALTIM, Rakyatkini.com- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Halmahera Timur menggelar sosialisasi Desa Layak Anak.

Sosialisasi Desa Layak Anak berlangsung di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Maba Tengah, Kecamatan Maba dan Kecamatan Kota Maba, dimulai dari 13-15 April 2023.

Kepala Dinas P2KBP3A Haltim, Ihwan SKM mengatakan, sosialisasi tersebut melibatkan Kepala Desa, BPD, Sekretaris Desa, Ketua PKK Desa, Bhabinkantibmas, Bidan Desa, PATBM dan Forum Anak.

“Kita juga libatkan pemerintah kecamatan dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut,” kata Ihwan.

Kata dia, tujuan kegiatan ini adalah sebagai wujud percepatan Kabupaten Layak Anak dalam pemenuhan hak anak, sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam upaya perlindungan anak.

“Dan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pemangku kepentingan dalam menyusun kebijakan terkait penerapan hak-hak anak dalam berbagai kebijakan dan program yang dilaksanakan.
Serta membangun komitmen, partisipasi, peran aktif para pemangku kepentingan, untuk meningkatkan koordinasi dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA),” katanya.

Lanjut dia, Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang akan dilakukan setelah kegiatan ini adalah Desa melakukan Deklarasi sebagai Desa Layak Anak.

“Dan sesegera mungkin membentuk Tim Gugus Tugas Desa Layak Anak, membentuk PATBM dan Forum Anak Desa sebagai salah satu dasar dari penilaian 24 indikator Kabupaten Layak Anak (KLA),” ujarnya.

Untuk diketahui, hadir sebagai Narasumber yaitu Area Program Manager Wahana Visi Indonesia (WVI) Lisa Hernawati, S. Th., CESP Specialis zona Sulmalut Satrio Dwi Rahargo, ST (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *