Menuju Musrenbang Kabupaten, Bappelitbangda Mantapkan Kegiatan RKPD Halmahera Selatan 2024 di Forum OPD

HEADLINE845 Dilihat
BACAN, Rakyatkini.com – Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Halmahera Selatan terus memantapkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, sebelumnya menggelar Pra Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD), rabu (29/3) Bappelitbangda kembali menggelar Forum OPD menuju Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) tingkat Kabupaten.
Kepala Bappelitbangda Kabupaten Halmahera Selatan Muhammad Thahrim Imam sebagai penanggung jawab kegiatan Forum OPD ini menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tahapan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2024 sebagaimana amanat UU No 25 Tahun 2004 dan Permendagri 86 Tahun 2017.
“sebelum pelaksanaan Forum OPD ini, ada beberapa tahapan perencanaan telah di laksanakan yakni Pelaksanaan Konsultasi Publik dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) RKPD Tahun 2024, Pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan di 30 Kecamatan Se-Kabupaten Halmahera Selatan dan Pelaksanaan Pra Forum OPD yang di ikuti oleh Pimpinan dan  Jabatan Fungsional Perencana di setiap OPD,” katanya.
Pelaksanaan Kegiatan Forum OPD ini di buka oleh Sekretaris Daerah Saiful Turuy dalam sambutan mewakili Bupati menekankan bahwa dalam pelaksanaan Forum OPD yang akan bermuara penyusunan RKPD Tahun 2024 ini meminta untuk semua pimpinan OPD dan seluruh stakeholder  untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif. Mengacu pada Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2024 tersebut dengan tema “Meningkatkan Kualitas dan Daya  Saing Sumber Daya Manusia, Ekonomi dan Infrastruktur untuk Mewujudkan Masyarakat Halmahera Selatan Yang Unggul, Maju dan Sejahtera”.
Pada Kegiatan ini pemaparan materi oleh Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Halmahera Selatan Dr. Abjan Sofyan terkait Program Prioritas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2024, setelah itu dilanjutkan dengan desk masing-masing OPD , yang terbagi atas tiga kelompok yaitu kelompok mitra OPD bidang sosial budaya, Bidang ekonomi, Bidang Fisik dan Prasarana. Dalam desk ini masing-masing OPD memaparkan Rencana Kerja (Renja) Tahun 2024.
Disisi lain, Kepala Bappelitbangda Halmahera Selatan M Thahrim Imam melalui kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda, Irwan H Mustafa menambahkan, Forum OPD ini tahapan dari musrembang desa, musrembang kecamatan, pra Forum OPD kemudian menuju musrenbang kabupaten namun sebelum ke musrembang kabupaten dilakukan forum OPD, Forum ini merupakan tahapan dari penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024 “Untuk menuju ke musrembang Kabupaten itu harus lewat Forum, Forum ini mengindentifikasi renja OPD untuk 2024, merangkum usulan usulan kecamatan harus terakomodir di renja OPD masing masing,” sebutnya.
Irwan lantas mengatakan, dalam Forum OPD ini, masing masing OPD presentasi program apa yang dilakukan di tahun 2024 termasuk apa yang menjadi prioritas pak Bupati dan disesuaikan dengan RPJMD Kabupaten Halmahera Selatan dan hasil Musrenbang kecamatan itu sifatnya gelondongan, jadi lewat Forum OPD ini langsung diarahkan hasil Musrenbang kecamatan ini diarahkan ke dinas mana “ditahun 2024 nanti Bupati Halmahera Selatan H Usman Sidik fokus pada pembangunan kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan ketahanan pangan,” pungkasnya. (Tox).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *