BPN Halbar Terbitkan 7.200 Sertifikat Tanah Gratis

0

 

HALBAR, Rakyatkini.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menerbitkan 7.200 sertifikat tanah gratis yang tersebar di 8 Kecamatan.

Sebanyak 7.200 sertifikat tanah gratis yang diterbitkan oleh BPN Halbar itu melalu program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau disebut dengan program Prona. Namun sertifikat yang telah diterbitkan itu belum dibagikan ke masyarakat, karena masih menunggu arahan dari Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Malut.”Penerbitan sertikat sudah selesai, namun belum bisa dibagikan, karena masih menunggu instruksi dari Kanwil,”ungkap Kepala Seksi II Bidang Pertanahan Suratmo ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya Selasa (30/10).

Suratmo menambahkan, program PTSL untuk pembuatan sertifikat tanah tidak dipungut biaya, baik pengukuran tanah, pengumpulan data hingga dilakukan pengumuman semuanya dilakukan secara gratis, tapi untuk pemasangan batok tanah itu ditanggung oleh pemilik lahan atau tanah.”Program PTSL ini merupakan program pak Presiden, sehingga tidak dipungut biaya,”katanya.

Suratmo juga mengaku, pembagian sertifikat bisa juga dilakukan tanpa harus menunggu instruksi Kanwil BPN Malut, jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar memfasilitasi untuk dilakukan penyerahan sertifikat kepada masyarakat.”Jika pemkab bisa memfasilitasi, maka pembagian sertifikat bisa dilakukan tanpa harus menunggu instruksi dari Kanwil BPN,”pungkasnya. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.