Gelar Dialog Publik Harmoni, Bupati James Serukan Kembali Gagasan Segi Tiga Emas

HEADLINE539 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com – Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar), James Uang-Djufri Muhammad (JUJUR), nampaknya serius mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Halbar.

Keseriusan itu bisa dilihat saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar menggelar Dialog Publik Harmoni dengan tema “Kolaborasi Strategi Percepatan Pembangun Daerah”, yang menghadirkan tiga narasumber yakni, Bupati Morotai Beny Laos, Walikota Tidore Capten Ali Ibrahim dan Walikota Ternate Tauhid Soleman. Dialog yang digelar di ruang aula bidadari, pada Kamis (24/6/2021), di unsur Forkopimda, sejumlah OPD dilingkup pemda Halbar, serta dipandu langsung Kepala Bappeda, Soni Balatjai.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada tiga kepala daerah, karena sudah hadir dan membagikan referensi dalam hal pembangunan daerah,”ungkap Bupati James, saat membuka acara dialog Harmoni, Kamis (24/6/2021).

Alasan tiga kepala daerah diundang jadi narasumber, lanjut James, ada beberapa alasan mendasar yang harus dilakukan diantaranya, Walikota Todore sudah menjabat dua periode sudah pasti memiliki sejumlah pengalaman dalam membangun birokrasi dan pemerintahan dalam kebijakan pembangunan kota tidore, sementara Walikota Ternate, walaupun baru menjabat sebagai Walikota tetapi memiliki karir yang baik di birokrasi dan politik. Kemudian yang ke tiga bupati Pulau Morotai setelah Pemda Halbar melakukan study kompratif ke pulau morotai banyak hal positif yang telah dilakukan shering baik di bidang kontribusi percepatan pembangunan.

“Atas dasar itulah kami bersepakat bahwa orang orang ini kita undang dalam dialog publik. Sehingga paling tidak melalui forum dialog ini kita mendapatkan referensi, masukan. Karena halbar ini kabupaten induk yang telah memekarkan beberapa kabupaten kota di maluku utara,”kata James.

Mantan Anggota DPRD Halbar ini juga berharap, melaui tiga kepala daerah ini ada shering pemikiran untuk membangun halbar, dan bagaimana mendorong percepatan halbar sebagai kabupaten induk yang ada di maluku utara yang melahirkan sejumlah kabupaten kota di provinsi malut.

“Pak wali kota ternate dan wali kota tidore melalui mantan bupati halbar, Danny Missy kemudian mantan walikota ternate bersama dengan pak wali tikep pernah menggagas segitiga emas antara halmahera barat, tidore kepulauan dan ternate, sehingga melalui dialog ini mengembangkan isu ini agar sehingga program segi tiga emas bisa kita jalankan,”pungkasnya. (pn/man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *