Sultan Jailolo dan Sangaji Sahu Hadiri Acara Ritual Mandi Safar

0

HALBAR, Rakyatkini.com – Ritual mandi safar yang biasanya dilakukan oleh para leluhur adat sahu dan Kesultanan Ternate, kini diangkat kembali oleh Warga Desa Lako Akediri Kecamatan Jailolo.

Ritual mandi safar yang digelar oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Lako Akediri di Pantai Wisata Kesultanan itu, dihadiri Sultan Jailolo Ahmad Syah, Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando,  Wakapolres Kompol Angga Aldiansyah SIK, serta unsur Forkompimda dan Unsur Pimpinan Kecamatan.

Acara ritual yang dilaksanakan kemarin itu, Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando yang juga Sangaji Sahu bersama Sultan Jailolo Ahmad Syah ikut menyaksikan mandi safar yang dilakukan Masyarakat Desa Lako Akediri dan Desa Marimbati.

Sultan Jailolo Ahmad Syah saat mengahadiri acara ritual tersebut mengapresiasi atas inisiatif pemuda dan masyarakat desa Lako Akediri dalam melestarikan adat dan budaya serta potensi pariwisata. Sultan berharap, upaya baik untuk melestarikan budaya lebih ditingkatkan.

”Terlebih kepada pemerintah desa untuk saling menjalin hubungan dengan pemerintah daerah, yakni dinas pariwisata agar lebih kreatif untuk menambah unsur kegiatan yang lain guna dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga dapat berkunjung ke lokasi wisata,”ungkap Sultan.

Sementara Sangaji Sahu Ahmad Zakir Mando menjelaskan, makan malam adat secara hakiki dalam pemaknaannya agar tetap dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat dan seluruh pihak yang menjunjung tinggi akan pelestarian adat tersebut.

”Adat dalam pemaknaan secara simbol adalah etika, olehnya itu, seluruh pihak diharapkan tetap menjunjung keberadaan adat tersebut, sehingga apa yang ditinggalkan para leluhur tetap dilestarikan,”jelasnya. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.