Pemerintah JUJUR Dapat Investasi Dari Pemerintah Pusat dan Swasta

HEADLINE613 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com – Terobosan Bupati dan Wakil Bupati James Uang – Djufri Muhamad patut diacungkan jempol. Ini menyusul, Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat pada tahun anggaran 2023 dan tahun 2024 akan ada sejumlah pembangunan di Halmahera Barat baik itu investasi Pemerintah maupun investasi Swasta.

Bupati James Uang menjelaskan, sejumlah kegiatan pembangunan yang akan di laksanakan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN. Pembangunan tersebut di sektor Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perikanan dan kelautan, Disperindagkop dan Bidang PUPR Itu merupakan investasi Pemerintah.

Kegiatan pembiayaan yang bersumber dari APBD Kabupaten tahun 2023 di Bidang Kesehatan dan Pendidikan. Karena akan di bangun sara prasara sejumlah fasilitas pendukung bidang kesehatan dan pendidikan untuk mewujudkan Halmahera Barat Sehat dan Cerdas.

Sementara, kegiatan yang bersumber dari APBD Provinsi di Bidang PUPR merupakan pembangunan ruas jalan Sidangoli-Jailolo, ruas jalan Ibu-Loloda, ruas jalan Togerebatua-Kao. Sedangkan pada Bidang pertanian adalah pengembangan Holtilultura 100 Hektar.

Sedangkan anggaran APBN difokuskan pada pembangunan pelebaran dan penambahan volume pelabuhan Jailolo dan pelabuhan Maitui, Pembangunan Talut, pembangunan Nurseri Kelapa Moderen yang akan di bangun di Sahu dangan Anggaran kurang lebih 75 M. Dan PT Geodipa yang mengelola Panas, Bumi di Jailolo. Perusahan Plat Merah. Yang sesuai tahapan pekerjaannya sedang berlansung dan di rencanakan tahun 2024 akan sudah berfungsi.

Sedangkan di tahun 2024 adalah pembangunan Dermaga Feri di Desa Galala Kecamatan Jailolo. Sekarang tinggal dua, persyaratan yg sedang di proses yakni pembebasan lahan dan Feasbility Study ( FS) dan sejumlah kegiatan lainnya.

Sedangkan Investasi swasta terdiri dari
PT Dewa Agrococo yang akan mengembangkan pengelolaan Kelapa. pabrik perusahan tersebut sedang di bangun. Ada juga PT Samudra Biru Kencana yang akan berinvestasi di sektor Pertanian, Perikan dan Kelautan. Sementara PT NHM akan mengesprolarasi potensi emas di Desa Nolu dan Roko Kecamatan Loloda Tengah.

“Saya optimis Investasi tersebut berjalan baik dan akan berdampak terhadap penurunan angka penganguran yang cukup signifikan. Saya juga optimis sampai 2024 tujuh program prioritas pemerintahan JUJUR sudah akan berjalan cukup baik,”ujar Bupati James Uang, pada Kamis (1/2/2023).

Politisi Partai Demokrat ini mengaku, hasil kolaborasi Pemda Halmahera Barat, Pemda Provinsi, Pemerintah Pusat dan pihak swasta tak terlepas dari komentar para Elit, Akademisi dan Oposisi.

“Komentar-komentar itu saya jadikan sebagai vitamin dan energi yang memberi semangat untuk memacu terus 7 program Proritas agar terus di jalankan untuk wujudkan Halbar Sehat, Cerdas, Aman dan Sejahterah,”katanya.

Menurutnya, progran-program tersebut sangat menyentuh dengan kebutuhan masyarakat Halmahera Barat. Hal ini di buktikan secara akademik dari rilis hasil Lembaga Survei Sinergi Data, Indonesia dengan Tingkat kepuasaan publik terhadap kinerja Pemerintahan Jujur menjelang dua tahun di Angka 73. 64 persen. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *