Ketua Bawaslu RI Buka Gebyar Pengawasan Pilkada 2020

0

HALSEL, Rakyatkini.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan menggelar Gebyar pengawasan Pilkada 2020 yang dihadiri langsung oleh ketua Bawaslu RI Abhan dengan membuka Gebyar Pengawasan, Abhan didampingi oleh ketua Bawaslu Provinsi Malut Muksin Amri dan anggota Aslan Hasan dan Fahrul Abd Muid.

Sementara itu, Pemkab Halmahera Selatan nampak dihadiri langsung oleh Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, Sekretaris daerah Helmi Surya Botutihe dan seluruh pimpinan SKPD Halmahera Selatan, nampak juga para anggota DPRD Halsel, ketua Bawaslu Halsel Kahar Yasim, anggota Bawaslu Halsel Rais Kahar dan Asman Jamel, nampak juga ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halsel Darmin Hi Hasim serta anggota KPU Yaret Colling.

Ketua Bawaslu Halmahera Selatan Kahar Yasim dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh masyarakat Halmahera mari bersama sama memgawasi pelaksaan Pilkada Halmahera Selatan

“bawaslu komitmen Pilkada 2020 nanti tidak ada hal yang aneh aneh lagi, apalagi ada kehadiran ketua Bawaslu RI. Masyarakat sudah sadar akan nilai nilai demokrasi, pilkada 2020 ini tanggung jawab bersama bukan hanya Bawaslu dan KPU,” Paparnya.

Ketua Bawaslu Provinsi Malut Muksin Amri dalam sambutannya mengatakan,
saat ini seluruh penyelenggara berupaya mengurangi stigma buruk soal Pemilu, tidak Ada lagi soal Pengumutan Suara Ulang (PSU) pada Pilgub dan Pileg juga tidak PSU ini menunjukan masyarakat sudah paham akan demokrasi.

“Bawaslu Halsel siap melakukan pengawasan Pilkada 2020 dan melalui Gebyar malam ini kita sama sama mengawasi Pilkada 2020 mendatang,” Tuturnya.

Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba menyampaikan selamat datang ketua Bawaslu RI Abhan di Halmahera Selatan, Bahrain juga meyakini penyelenggara Pemilu menciptakan Pemilu yang jujur adil dan bersih.

“Apresiasi kepada Bawaslu Halsel yang telah melaksanakan Gebyar malam ini, Peran Bawaslu sangat strategis untuk kelancaran Pemilu, bertindak professional dan mari bersama sama mengawasi Pilkada 2020,” Jelasnya.

Ketua Bawaslu RI Abhan dalam sambutannya mengharapkan kesuksesan Pemilu 2019 bisa terulang lagi di Pilkada 2020 mendatang.

“Pemilu 2019 tidak ada PSU, ini menunjukan masyarakat sudah mulai dewasa jadi yang menjadi larangan harus ditaati, termasuk soal politik uang karena sangsi nya tegas dan bisa pidana pemberi dan menerima,” Ucapnya.

Abhan juga menambahkan di Pilkada Halmahera Selatan ini meyakini Pilkada 2020 berjalan sesuai aturan, peserta Pemilu juga harus punya integritas.

“tidak hanya KPU dan Bawaslu untuk sukses Pemilu tapi semua komponen,” Pungkasnya. Di akhir acara dilakukan pemukulan beduk bambu disertai penandatanganan butir butir siap mengawasi Pilkada 2020 bersama sama. (tox)

Leave A Reply

Your email address will not be published.